Kamis, 25 November 2010

Skripsi.. Oh.. Skripsi..!!

kalau jadi mahasiswa yang baik*), pastinya akan sering “ketemu” dgn yg namanya makalah, observasi, dan pada akhirnya SKRIPSI. oh.. sebelum skripsi ada yg namanya PROPOSAL. yg jelas bukan Proposal penawaran  jual-beli atau proposal nikah yee..
harapan menggebu untuk segera lulus, jadi motivator utama bikin skripsi. walaupun ada juga yg bikin skripsi krn memang BETUL2 mencintai ILMU, bukan ngejar2 ijazah kayak aku..he..
perjuangan bikin skripsi biasanya dimulai dari nyusun proposal penelitian yang isinya draft ringkas atau rancangan penelitian kita. misalnya nih, mau neliti tentang pengaruh harga cabai terhadap kecemasan belajar (Hahahaa… ga nyambung!) jadi kita mesti nyusun apa sih yang melatar belakangi penelitian kita?? bagaimana kondisi di lapangan? idealnya harus seperti apa? nah yg paling penting di latar belakang ini, kunaon alias kenapa sih masalah itu kamu angkat jd penelitian? mesti ke jawab tuh.. slanjutnya, msti dirumuskan secara rinci rumusan pertanyaan penelitian, hipotesis (kl ada)), juga asumsi apa yg melatarbelakangi hipotesis kamu. hufftt.. bab1 ini mesti dihayati, soalnya memulai kadang prlu usaha ekstra!
setelah itu..bla.bla..bla..(read more..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya ya...